Jumat, 20 Agustus 2010

http://bukanisapanjempol.blogspot.com/
Ribuan orang terpukau menyaksikan kapsul dari pesawat luar angkasa Hayabusa yang membawa debu asteroid kembali ke bumi.

Seperti dikutip dari Yahoo News, sekitar 1800 orang berkumpul di Tokyo untuk melihat kapsul yang sempat melayang di luar angkasa bersama pesawat tidak berawak selama 7 tahun, ujar pihak Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Lebih dari 7000 pengunjung telah hadir pada pertunjukan hari pertama kapsul ini dan diperkirakan akan hadir lebih dari 50 ribu pengunjung selama pameran yang berlangsung 5 hari ini.

Kapsul yang melakukan perjalanan miliaran kilometer ini terbakar saat kembali ke bumi pada Juni lalu.

Masalah teknis mendera Hayabusa di mana salah satu pengotrol kehilangan komunikasi dengan JAXA selama 7 minggu, sehingga menunda misi selama 3 tahun hingga asteroid dan bumi ‘terhubung kembali.

Ketika akhirnya mencapai asteroid Itokawa yang berbentuk mirip kentang, pesawat ini kemudian mengumpulkan debu dan beberapa materi lainnya.

Para ilmuwan berharap setiap sampel debu dari asteroid yang dikumpulkan kapsul ini bisa membantu mengungkapkan rahasia soal asal usul tata surya.

Lembaga luar angkasa mengatakan telah menemukan partikel khusus yang diharapkan mendapat hasil analisis dalam beberapa bulan mendatang.

Proyek Hayabusa telah menjadi kegembiraan besar bagi masyarakat Jepang. “Saya benar benar tertarik dengan benda kecil yang baru saja hadir di Jepang ini, setelah perjalanan di luar angkasa. Ini sangat menakjubkan,” ujar salah satu pengunjung.

Sumber: http://bukanisapanjempol.blogspot.comhttp://mautahuadja.blogspot.com/2010/08/ribuan-orang-terpesona-kapsul-asteroid.html#ixzz0xCudY81D


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar: